Penemu Ban Berisi Angin / udara - John Boyd Dunlop

John Boyd Dunlop
Profil dan Biodata John Boyd Dunlop

  • Lahir: 5 Februari 1840, Dreghorn, North Ayrshire, Skotlandia
  • Meninggal: 23 Oktober 1921 (umur 81), Dublin, Irlandia
  • Tempat peristirahatan: Deans Grange Cemetery
  • Kebangsaan: Scot resident in Ireland
  • Kewarganegaraan: Inggris
  • Dikenal karena: Penemuan ban bertekanan udara (Pneumatik)

John Boyd Dunlop merupakan seorang penemu ban bertekanan udara dan mendirikan salah satu perusahaan ban yang bernama Dunlop Pneumatic Tyre Company. Pada tahun 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya, sebagai hadiah ulang tahun.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1889, John Boyd Dunlop mendirikan pabrik pertama Dunlop Tyres di Dublin, Irlandia. Dan pada tahun 1891 dibangunlah Fort Dunlop Factory di Birmingham, Inggris yang kini menjadi kantor pusat Dunlop.


Biografi
John Boyd Dunlop sedamg naik sepeda tahun 1915
John Boyd Dunlop, 1915

John Boyd Dunlop lahir 5 Februari 1840, di sebuah peternakan di Dreghorn, North Ayrshire, Skotlandia. Ia belajar untuk menjadi dokter hewan di Vet Dick, University of Edinburgh. Ia menggeluti profesinya selama hampir sepuluh tahun di rumah, dan pindah ke Downpatrick, Irlandia pada tahun 1867.

Ketika lahir, ibunya mengatakan mahwa ia lahir prematur, dua bulan sebelum waktu yang diperkirakan. Hal tersebut membuat dirinya bertekad kuat untuk hidup lebih sehat, hingga pada bulan Oktober 1921 saat berusia 81 tahun ia meninggal dengan tiba-tiba tanpa mengalami saklit sebel;umnya.

John Dunlop menikah dengan Margaret Stevenson pada tahun 1871 dan memiliki seorang putri dan seorang putra. Dia mendirikan Downe Veterinary Clinic di Downpatrick dengan saudaranya James Dunlop sebelum pindah praktek di 38-42 Mei Street, Belfast, pada pertengahan 1880-an, tempat itu menjadi salah satu tempat praktik terbesar di Irlandia.

Pengembangan ban - Dunlop mengembangkan ban pneumatik untuk sepeda roda tiga anaknya, dan dengan segera memproduksinya secara komersial di Skotlandia. Seorang pengendara sepeda yang menggunakan bannya mulai menarik operhatian semua orang dan termasuk Harvey Du Cros. Dunlop menjual hak ke dalam sebuah bisnis baru dengan Du Cros untuk uang tunai dan saham kecil. Dengan Du Cros ia mengatasi banyak kesulitan yang dialami oleh bisnis mereka, termasuk hilangnya hak patennya. Pada tahun 1892 ia pensiun dari praktek dokter hewan dan pindah ke Dublin segera setelah Harvey Du Cros dengan bantuannya berhasil refloated Booth Bros dari Dublin sebagai Pneumatic Tyre dan Badan Cycle Booth. Ban pneumatik merevolusi industri sepeda, yang menggelegar setelah tahun 1885 yang merupakan pengenalan JK Starley untuk sepeda dengan keselamatan.

JB Dunlop terjual habis pada tahun 1895 dan tidak mengambil bunga lebih lanjut di bisnis ban atau karet. kepentingan bisnis yang tersisanya adalah gorden lokal. Dia meninggal di rumahnya di Dublin Ball Bridge pada tahun 1921 dan dimakamkan di Deans Grange Cemetery


Ban pneumatik
ban sepeda pneumatik pertama Dunlop
Ban sepeda pneumatik pertama Dunlop

Pada bulan Oktober 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban atau karet pneumatik praktis pertama untuk sepeda roda tiga anaknya, di halaman rumahnya di Belfast dipasang ke piringan kayu 96 sentimeter. Ban adalah tabung yang membesar dari lembaran karet. Dia kemudian mengambil kemudi dan logam roda dari sepeda roda tiga anaknya dan menggelinding dengan baik di halaman rumahnya. Logam Roda berhenti bergulir tapi pneumatik terus sampai menabrak sisi gerbang. Dunlop kemudian menempatkan pneumatik pada kedua roda belakang sepeda roda tiga itu. Itu juga digulung lebih baik, dan Dunlop pindah ke ban yang lebih besar untuk sepeda "dengan hasil yang lebih mengejutkan." Ia menguji dalam olahraga tanah Cherryvale, Belfast Selatan, dan paten diberikan pada tanggal 7 Desember 1888. Diketahui Dunlop lain Scot, Robert William Thomson dari Stonehaven, telah mematenkan ban pneumatik pada tahun 1847.


Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/John_Boyd_Dunlop