Ernő Rubik - Penemu Kubus Rubik

Ernő RubikErnő Rubik adalah seorang penemu, pematung dan profesor arsitektur dari dari Hongaria. Ia dikenal luas sebagai penemu mainan teka-teki mekanis seperti kubus Rubik, Rubik's Magic, Rubik's Snake dan Rubik's 360.

Ernő Rubik lahir di Budapest, Hongaria, pada 13 Juli 1944. Ayahnya, Ernő Rubik Sr. adalah seorang insinyur penerbangan di pabrik pesawat Esztergom. Ibunya, Magdolna Szántó, adalah seorang penyair.


Pendidikan

Dari tahun 1958 - 1962, Rubik mengenyam pendidikan mematung di Sekolah Menengah Seni dan Seni Terapan. Dari tahun 1962 sampai 1967, Rubik ia melanjutkan ke Budapest University of Technology, di sana ia menjadi anggota dari Arsitektur Fakultas. Dari tahun 1967 sampai 1971, Rubik menghadiri Hungaria Academy of Applied Arts dan berada di Fakultas Arsitektur Interior dan Desain.

Rubik menganggap universitas dan pendidikan itu diberikan kepadanya sebagai event yang menentukan yang membentuk hidupnya. Rubik telah menyatakan bahwa, "Sekolah menawarkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan mata pelajaran atau lebih tepatnya kerajinan yang membutuhkan banyak latihan, ketekunan dan ketekunan dengan arah mentor."


Karir

Dari tahun 1971 hingga 1979, Rubik adalah seorang profesor arsitektur di Budapest College of Applied Arts (Iparművészeti Főiskola). Selama di sana ia membangun desain untuk teka-teki tiga-dimensi dan menyelesaikan prototipe pertama dari Kubus Rubik pada tahun 1974, mengajukan permohonan paten pada teka-teki pada tahun 1975.


Kubus Rubik

Berawal dengan balok kayu dan karet band, Rubik menciptakan struktur yang akan memungkinkan potongan individu untuk bergerak tanpa merubah struktur menjadi berantakan. Awalnya rubik menggunakan kayu untuk blok karena kenyamanan, selain itu ia juga melihat kayu sebagai bahan sederhana yang dapat dibuat tanpa memerlukan mesin canggih. Rubik membuat prototipe asli dari kubusnya dengan tangan, memotong kayu, membuat lubang dan menggunakan karet gelang untuk mengikat peralatannya.

Rubik menunjukkan prototipe di kelas dan murid-muridnya sangat menyukainya.  Rubik kemudian mencari produsen di Hungaria, namun memiliki kesulitan besar karena keadaan ekonomi yang tidak menentu pada saat itu. Akhirnya, Rubik mampu menemukan sebuah perusahaan kecil yang bekerja dengan plastik dan membuat buah catur. Kubus ini awalnya dikenal di Hungaria sebagai 'Magic Cube'.

Rubik berlisensi Magic Cube untuk Ideal Toys , sebuah perusahaan yang berbasis di New York, yang pada tahun 1979 mengganti namanya menjadi The Magic Cube dengan Rubik Cube sebelum diperkenalkan kepada audiens internasional pada tahun 1980.
Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei 1980. Rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik, termasuk imitasinya.

Penemuan lainnya

Selain Cube Rubik, Rubik juga berhasil menemukan Rubik Magic, Rubik Magic (edisi Guru), Rubik Snake, Rubik Tangle dan Rubik 360


Penemuan dan pengembangan

kubus rubikSebelum ditemukan, 

Pada bulan Maret 1970, Larry Nichols menciptakan 2 × 2 × 2 Puzzle dengan Bagian yang dapat diputar dan mengajukan permohonan paten di Kanada untuk penemuan itu. Kubus itu disatukan dengan magnet. Nichols diberikan mendapatkan hak patennya pada tanggal 11 April 1972, dua tahun sebelum Rubik menemukan kubusnya.

Pada tanggal 9 April 1970, Frank Fox menerapkan patennya "Spherical 3 × 3 × 3". Dia menerima patennya di Inggris pada tanggal 16 Januari 1974.

Penemuan, 

Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya sebagai alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D, tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai ia mengacak Kubusnya untuk pertama kali dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya ke posisi semula. Rubik memperoleh patennya di Hungaria atas penemuan "Kubus Ajaibnya" pada tahun 1975.

Percobaan produksi pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Kubus Ajaib disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya mudah terpisah, tidak seperti magnet dalam desain Nichols. Pada bulan September 1979, kesepakatan ditandatangani dengan "Ideal Toys" untuk membawa Kubus Ajaib ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada pameran mainan di London, Paris, Nuremberg, dan New York.