Al-Samawal al-Maghribi - Matematikawan Muslim, Astronom dan Dokter Keturunan Yahudi

Al-Samawal al-Maghribi
Masjid Casablanca di Maroko
Al-Samaw'al bin Yahya al-Maghribi ( Arab :.. السموأل بن يحيى المغربي; c 1130 - c 1180), umumnya dikenal sebagai Samau'al al-Maghribi, adalah matematikawan Muslim , astronom dan dokter. Meskipun lahir dari keluarga Yahudi, ia menyembunyikan masuk Islam selama bertahun-tahun karena takut menyinggung ayahnya, kemudian secara terbuka memeluk Islam pada 1163 setelah ia bermimpi ayahnya menyuruhnya untuk melakukannya. ayahnya adalah seorang Rabbi dari Maroko.

Al-Samaw'al menulis risalah matematika al-Bahir fi'l-jabr, yang berarti "brilian dalam aljabar", pada usia sembilan belas. Ia juga mengembangkan konsep bukti matematika dengan induksi, yang digunakan untuk memperluas bukti teorema binomial dan segitiga Pascal yang sebelumnya diberikan oleh al- Karaji.

Argumen induktif Al-Samaw'al adalah hanya langkah pendek dari bukti induktif penuh dari teorema binomial umum.

Dia juga menggunakan dua konsep dasar induksi matematika, meskipun tanpa menyatakan secara eksplisit. Dia menggunakan ini untuk memperpanjang hasil untuk teorema binomial hingga n = 12 dan segitiga Pascal sebelumnya diberikan oleh al-Karaji.


Polemik

Ia juga menulis buku polemik terkenal dalam bahasa Arab memperdebatkan agama Yahudi dikenal sebagai Ifḥām al-Yahud (Confutation orang Yahudi) atau dalam bahasa Spanyol Epistola Samuelis Maroccani dan kemudian dalam bahasa Inggris dikenal sebagai The Yahudi diberkati Maroko.

Ayah Al-Samawal adalah Abul-Abbas Yahya al-Maghribi, seorang sarjana Yahudi bidang agama dan sastra. Abul-Abbas lahir di Fez di Maroko dan kemudian pindah ke Baghdad di mana ia tinggal pada saat kelahiran al-Samawal's. Ibu Al-Samawal, Anna Levi Ishak, telah pindah dari Basra di Irak. Tentu saja Al-Samawal dibesarkan di sebuah keluarga di mana belajar sangat dihargai dan topik pertama yang menarik baginya adalah obat.

Mungkin daya tarik utama dari topik ini berasal dari fakta bahwa ia memiliki paman seorang dokter medis. Pada waktu yang sama seperti ia mulai belajar ilmu kedokteran,  Al-Samawal juga mulai belajar matematika. Kira-kira tiga belas tahun ketika ia mulai belajar serius, dimulai dengan metode perhitungan Hindu dan studi tabel astronomi.

Saat itu, Baghdad bukanlah pusat terbesar untuk belajar matematika, dan Al-Samawal telah segera menguasai semua matematika yang diajarkan guru-gurunya, mencakup beragam topik termasuk pengantar survei, aljabar dasar, dan geometri dari beberapa buku pertama dari Elemen Euclid.

Dalam rangka mengambil studi matematika lebih lanjut, Al-Samawal harus belajar sendiri. Ia membaca karya Abu Kamil, al-Karaji, dan lain-lain sehingga pada saat ia berusia delapan belas tahun, ia telah membaca hampir semua literatur matematika yang tersedia.

Pekerjaan yang paling terkesan baginya adalah al-Karaji, namun ia mendapati dirinya kurang puas dengan itu dan mulai bekerja di luar perbaikan untuk dirinya sendiri. Paling terkenal risalahnya al-Bahir fi'l-Jabr, Artinya cemerlang dalam aljabar, ditulis ketika Al-Samawal berusia sembilan belas tahun. Ini adalah pekerjaan yang sangat penting baik yang yang mengandung ide-ide asli dan juga untuk informasi bahwa catatan tentang bekerja dengan al-Karaji yang sekarang hilang.


Risalah Al - Bahir

Al-Bahir terdiri dari empat buku: (1) premis, perkalian, pembagian dan akar kuadrat, (2) akar pangkat tak hingga, (3) Jarak irrational, dan (4) Klasifikasi masalah. Pendahulu Al-Samawal sudah mulai berkembang apa yang disebut oleh para sejarawan hari ini "arithmetisation aljabar". Bahkan Al-Samawal adalah orang pertama yang memberikan perkembangan ini gambaran yang tepat ketika ia menulis bahwa:

Setelah menulis al-Bahir, Al-Samawal bepergian ke banyak negara seperti Irak, Suriah, Kohistan (daerah pegunungan di Pakistan dan Afghanistan) dan Azerbaijan (barat laut Iran). Kita tahu dari tulisannya sendiri bahwa ia berada di Maraghah di Azerbaijan pada tanggal 8 November 1163, karena pada tanggal tersebut Al-Samawal membuat komitmen kepada iman Islam. Keputusan ini tidak diambil tanpa banyak pemikiran oleh Al-Samawal. Dia telah menaruh banyak upaya ke pengujian validitas klaim yang dibuat oleh agama-agama besar dan ia melaporkan bahwa pada tanggal 8 November 1163 ia memutuskan bahwa Islam adalah yang paling memuaskan. Dia menulis karya bantahan tegas orang-orang Kristen dan Yahudi. Kebanyakan dari karya-karya Al-Samawal telah hilang, tapi ia dilaporkan telah menulis 85 buku atau artikel.


Sumber: