Penemu Fidget Spinner - Catherine Hettinger

Fidget Spinner
Fidget spinner atau dalam bahasa Inggris berarti Pemintal Gelisah adalah mainan yang dipasarkan sebagai menghilangkan stres. benda ini terdiri dari bantalan di tengah struktur datar multi-lobed yang terbuat dari logam atau plastik. Mainan tersebut telah diiklankan sebagai alat bantu untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan fokus atau gelisah (seperti ADHD, autisme, atau kegelisahan) dengan bertindak sebagai mekanisme pelepasan energi gugup atau tekanan psikologis. Terdapat dua pendapat yang berbeda mengenai mainan ini, satu pihak mendukung ,dan pihak lain yang memperdebatkan dasar sainsnya, dengan alasan mainan itu mungkin mengganggu.

Fidget spinner menjadi mainan populer pada tahun 2017, meskipun alat serupa telah ditemukan pada tahun 1993. Seringkali dipasarkan dengan klaim manfaat kesehatan, mainan menjadi populer di kalangan anak-anak sekolah. Beberapa sekolah melarang pemintal untuk menjadi gangguan, sementara sekolah lain membiarkan mainan itu digunakan secara diam-diam.


Penemuan

Penemu Fidget spinner adalah seorang insinyur kimia dengan pelatihan, berkewarganegaraan Amerika Serikat yang tinggal di Florida bernama Catherine A Hettinger.

Perempuan yang kini berusia 62 tahun ini, awalnya dikreditkan oleh beberapa berita sebagai penemu Fidget spinner, termasuk oleh media seperti The Guardian, The New York Times, dan New York Posting.

Hettinger yang mulai membayangkan mainan itu sejak tahun 1980an, lebih dari 20 tahun sebelum Fidget Spinner menjadi mainan terpanas tahun 2017 ini dan potensi bantuan untuk beberapa Orang yang menderita kegelisahan dan gangguan perhatian defisit. Namun beberapa kepala sekolah di Australia mengatakan bahwa mainan tersebut sebenarnya dapat mengganggu pembelajaran anak-anak.

Hettinger mengajukan permohonan paten untuk "mainan berputar" pada tahun 1993. Hettinger mengatakan kepada New York Post bahwa gagasan untuk mainan tersebut datang saat dia melihat anak laki-laki melemparkan batu ke petugas polisi di Israel. Menanggapi hal itu, dia ingin mengembangkan mainan menenangkan yang bisa membantu anak melepaskan energi yang terpendam dan "mempromosikan kedamaian."
Catherine Hettinger
Catherine Hettinger
Namun, dia mengatakan kepada The Guardian bahwa asal mula pemintal gelisah datang saat dia menderita myasthenia gravis, kelainan autoimun yang menyebabkan kelemahan otot. Karena tidak dapat bermain dengan putrinya, dia mulai "membuang barang-barang bersama dengan koran dan tape" untuk menghiburnya. Ini segera mendapat popularitas moderat saat ia mulai memproduksi skala kecil dari rumahnya dan menjual penemuannya di seputar pameran seni di Florida.

Hettinger mengajukan permohonan paten pada tanggal 28 Mei 1993 untuk sebuah perangkat bundar yang terbuat dari "plastik lunak" dengan "kubah" (indentasi pusat untuk penempatan jari) dan "rok" (ekstensi luar melingkar), lalu Memasang perangkat pemintal untuk produsen mainan. Namun, Hasbro menolak mengejar kesepakatan setelah memasarkannya. Hettinger membiarkan pemutusan paten mainan berputar pada tahun 2005; Jika sudah dipertahankan, itu pasti akan habis pada 2014.

Hak patennya atas produk aslinya berakhir awal tahun ini dan itu berarti perusahaan seperti Hasbro dapat menjual versi mainan mereka sendiri tanpa Hettinger. Anak-anak, mahasiswa dan orang dewasa sama-sama meraup mainan sebagai cara untuk membantu mereka memusatkan perhatian atau melepaskan kegelisahan. Mainan tersebut datang dalam berbagai warna dan ukuran dan sangat murah karena sebagian besar versi dapat dibeli dengan harga kurang dari $ 5, walaupun beberapa yang dibuat dengan tembaga atau logam lainnya bisa lebih mahal. Hettinger dari Orlando meluncurkan kampanye Kickstarter dengan target lebih dari $ 23.000 dan berharap bisa mengirimkan Spinner Fidget Klasiknya mulai bulan depan.


Bantahan tentang Klaim Catherine Hettinger

Sebuah artikel Bloomberg News, membantah klaim bahwa Hettinger adalah penemu asli Fidget Spinner, dengan mengutip dua pengacara paten yang tidak banyak mengenal antara Fidget Spinner  yang mulai populer pada tahun 2017 dan mainan pemintal Hettinger, seperti yang dijelaskan dalam paten tersebut. Hettinger mengakui bahwa tidak ada hubungan langsung antara mainan berputar dan Fidget Spinner dalam bentuknya saat ini dan tidak membuat klaim untuk menjadi penemu produk tersebut, mengatakan kepada Bloomberg News: "Anggap saja saya mengaku sebagai penemu. Anda tahu, 'klaim Wikipedia', atau semacamnya. "

Meskipun status paten dari variasi Fidget Spinner yang saat ini ada di pasaran tidak jelas, dalam sebuah wawancara yang muncul pada tanggal 4 Mei 2017 di NPR, Scott McCoskery menjelaskan bagaimana dia menemukan alat pemintal logam pada tahun 2014 untuk mengatasi gelisahnya sendiri di Pertemuan TI dan panggilan konferensi. Sebagai tanggapan atas permintaan dari komunitas online, dia mulai menjual perangkat yang dia sebut sebagai Torqbar secara online. Tak lama kemudian, yang lain mulai membuat dan menjual versi mereka sendiri, dan pada tahun 2016 ia bermitra dengan seorang teman untuk mengajukan paten sementara.


Manfaat 

Fidget spinner punya khasiat yang mampu membunuh kebosanan, penghilang stres, menambah fokus dan kosentrasi. Sebab boleh jadi mainan ini merupakan pengganti dari budaya memainkan bolpoin dan menggigit jari. Meski dikenal banyak manfaat, sebagian sekolah di Singapura melarang fidget spinner ada di kelas mereka. Setiap siswa yang ketahuan membawa mainan ini diminta untuk menyimpannya saja. Begitu juga di Inggris yang melarang gasing ini dimainkan oleh siswanya. Tapi dibalik pro dan kontra, tren fidget spinner telah membawa banyak berkah bagi sebagian orang. Sementara itu, desainnya sudah bebas dipakai siapa saja. Sebab hak patennya sudah hilang dari tangan Catherine sejak lama. Namun, meski tak punya harta dan rela pindah ke rumah yang luasnya tak seberapa, Catherine bertekad memproduksi lagi mainan yang telah membuatnya bahagia.


Desain Fidget Spinner

Pemintal gelisah dirancang untuk digunakan untuk menghilangkan stres. Pemintal gelisah dasar terdiri dari dua atau tiga desain cabang dengan bantalan di bantalan melingkar pusatnya. Seorang individu memegang bantalan tengah saat mainan berputar. Desainnya terbuat dari berbagai bahan termasuk kuningan, stainless steel, titanium, tembaga, aluminium, dan plastik. Jenis bantalan yang umumnya digunakan adalah keramik, logam (stainless steel atau krom), dan desain hibrida. Setiap pemintal gelisah juga memiliki 2+ bobot di bagian luar yang memungkinkannya berputar lebih cepat dan tetap seimbang. Selain itu, bantalan dapat berbeda untuk menyesuaikan waktu putaran, getaran, dan kebisingan, yang menghasilkan umpan balik sensorik yang unik.(Sumber)