Penemu Motor Listrik Pertama Kali - Thomas Davenport

Thomas Davenport Thomas Davenport adalah seorang pandai besi di Vermont yang membuat motor listrik Amerika pertama pada tahun 1834. 25 Februari 1837 paten pertama untuk motor listrik dikabulkan kepada Thomas Davenport.

Davenport lahir 9 Juli 1802, di Williamstown, Vermont. Dia tinggal di Forest Dale, sebuah desa dekat kota Brandon. Ia meninggal pada 6 Juli 1851 (umur 48) di Salisbury, Vermont.

Dia menyaksikan motor listrik komersial pertama di Penfield Iron Works. Pada awal 1834, ia mengembangkan motor listrik bertenaga baterai. Dia menggunakan motor tersebut untuk menggerakkan sebuah kendaraan model yang kecil yang berjalan di atas jalur khusus /rel. Temuan ini membuka jalan untuk kemudian dikenal sebagai trem (streetcar).

(Baca juga: "Sejarah Penemuan Trem")

Ia menemukan gagasan tersebut setelah berkunjung ke pabrik besi Penfield dan Taft di Crown Point, New York. Tempat tersebut telah menggunakan elektromagnet berdasarkan rancangan joseph henry. Davenport lantas membeli elektromagnet dari crown point dan membongkarnya untuk memahami cara kerjanya. Kemudian dia menempa inti besi yang lebih baik dan mengganti kabelnya, menggunakan sutra dari gaun pengantin istrinya. Davenport lalu membuat ulang elektromagnet yang lebih baik dan mengembangkan motor listrik.

Bersama istrinya Emily, dan rekannya Orange Smalley, Davenport menerima paten Amerika pertama untuk mesin listrik pada tahun 1837, Paten Amerika Serikat No. 132. Dalam paten tersebut, djelaskan bahwa alat tersebut merupakan aplikasi daya magnet dan elektromagnet untuk memutar mesin.

Davenport menggunakan motor listriknya pada tahun 1840 untuk mencetak The Electro-Magnetic and Mechanics Intelligencer - Koran pertama yang dicetak menggunakan listrik.

(Baca Juga: "Joseph Henry - Penemu Penyebab Awal Terjadinya Bel Listrik dan Listrik estafet (Relay)")

Pada tahun 1849, Charles Grafton Page, ilmuwan dan penemu Washington, memulai sebuah proyek untuk membangun lokomotif elektromagnetik bertenaga, dengan dana besar yang dialokasikan oleh Senat AS. Davenport menantang pengeluaran dana publik, dengan alasan motor yang telah dia ciptakan. Pada tahun 1851, lokomotif berukuran besar yang dioperasikan secara elektromagnetik ditempatkan pada tes sarat bencana di jalur kereta antara Washington dan Baltimore. (Sumber)


Sejarah Motor Listrik [sumber]

Motor Listrik
Dengan invensi baterai (Alessandro Volta, 1800), pembangkitan medan magnetik dari arus listrik (Hans Christian Oersted, 1820) dan elektromagnet (William Sturgeon, 1825) fondasi untuk membuat motor lisrik telah diletakkan. Pada waktu itu masih terbuka apakah motor listrik harus berupa mesin berputar atau resiprokal, dalam hal menirukan batang isap dari mesin uap.

(Baca juga: "Penemu Batu Baterai - Alessandro Volta")

Di seluruh dunia, banyak inventor bekerja paralel dengan tugas ini – yang merupakan masalah “mode”. Fenomena baru ditemukan hampir di tiap hari. Invensi dalam bidang sains kelistrikan dan aplikasinya berada di udara.

Seringkali sesama inventor tidak tahu menahu tentang satu sama lain dan mengembangkan solusi yang serupa secara terpisah. Berikut ini adalah sebuah usaha untuk menyediakan gambaran yang komprehensif dan netral.

Alat berputar pertama yang digerakkan oleh elektromagnetisme dibuat oleh seorang pria Inggris Peter Barlow di tahun 1822 (Barlow’s Wheel).

Setelah banyak percobaan yang lebih atau kurang berhasil dengan peranti berputar dan resiprokal yang relatif lemah seseorang berbahasa Jerman asal Prussia Moritz Jacobi meciptakan motor listrik real pertama di bulan Mei 1834 yang betul-betul menghasilkan daya keluaran mekanik yang luar biasa. Motor itu menetapkan rekor dunia yang diperbaiki empat tahun kemudian di bulan September 1838 oleh Jacobi sendiri. Motor kedua itu cukup bertenaga untuk menggerakkan perahu dengan 14 orang menyeberangi sungai. Tidak lama kemudian di tahun 1839/40 banyak pengembang di seluruh dunia mulai membuat motor yang serupa dan dengan capaian yang lebih tinggi juga.

Sudah di tahun 1833 seseorang asal Jerman Heinrich Friedrich Emil Lenz mempublikasikan sebuah artikel tentang hukum resiprositas dari fenomena magnet-listrik dan magnetic, yang menerangkan reversibilitas generator dan motor listrik. Di tahun 1838 dia memberikan penjelasan rinci terhadap eksperimennya dengan generator Pixii yang dia kerjakan sebagai motor.

Di tahun 1835 dua orang Belanda Sibrandus Stratingh dan Christopher Becker membuat motor listrik yang menenagai sebuah mobil mainan kecil. Ini adalah aplikasi praktis pertama yang dikenal dari motor listrik. Di bulan Februari 1837 paten pertama untuk motor listrik dikabulkan kepada seorang asal US Thomas Davenport.

(Baca juga: "Hans Christian Ørsted - Peneliti Hubungan Antara Lstrik dan Magnetisme")

Akan tetapi, semua pengembangan awal oleh Jacobi, Stratingh, Davenport dan lainnya tidak mengantarkan kepada motor listrik yang sekarang dikenal.

Prinsip kerja Motor Listrik
Prinsip kerja Motor Listrik 
Motor DC tidak diciptakan dari mesin ini, tetapi dari pengembangan generator daya (dinamometer). Fondasina diletakkan oleh William Ritchie dan Hippolyte Pixii di tahun 1832 dengan invensi komutator dan, paling penting, oleh Werner Siemens di tahun 1856 dengan Jangkar-T-Dobel dan oleh chief engineer-nya Friedrich Hefner-Alteneck, di tahun 1872 dengan jangkar tromol. Hingga sekarang motor DC masih memliki posisi pasar yang dominan untuk rentang daya rendah (di bawah 1 kW) dan tegangan rendah (di bawah 60 V).

Tahun-tahun antara 1885 hingga 1889 melihat invensi sistem tenaga listrik tiga-fasa yang menjadi basis transmisi daya listrik modern dan motor listrik yang terdepan. Inventor tunggal dari sistem tenaga tiga-fasa tidak bisa disebutan. Terdapat kurang lebih beberapa nama yang dikenal terlibat secara mendalam dalam invensi ini (Bradley, Dolivo-Dolbrowsky, Ferraris, Haselwander, Tesla dan Wenström).

(Baca juga: "William Sturgeon - Penemu Elektromagnet")

Kini, motor sinkron tiga-fasa digunakan paling banyak dalam aplikasi dinamika (sebagai contoh di robot) dan di mobil listrik. Motor ini dikembangkan pertama kali oleh Friedrich August Haselwander di tahun 1887.

Motor induksi sangkar tiga-fasa yang memiliki kesuksesan tinggi dibuat pertama kali oleh Michael Dolivo Dobrowolsky di tahun 1889. Saat ini, motor ini adalah mesin yang paling sering diproduksi dalam rentang daya 1 kW dan di atasnya.